Global Mapper 12 Tutorial Lanjutan 1

Tutorial Global Mapper versi 12 ini berisi tentang:

  1. Membuat Garis Kontur
  2. Mengubah Proyeksi baik Raster maupun Vektor
  3. Mengganti tampilan Shader dan Menampilkan 3 Dimensi
  4. Membuat Pemancar atau Menara

Membuat Garis Kontur Global Mapper:

Buka file GDEM/DEM/TIN/SRTM/data yang mempunyai ketinggian setelah itu muncul klik file pada menu utama pilih Generate Contour lalu muncul gambar disamping. setelah itu masukkan interval yang dibutuhkan, untuk keteranganyang lain bisa di otak-atik sendiri (tergantung keperluan) hehehehe…jika kotak dialog dibawah kontur interval di check maka Global mapper akan membuat kontur sesuai ketinggian tertentu..X dan Y menunjukkan resolusi spasial data yang digunakan. Setelah selesai klik Ok menunggu proses bisa lama bisa cepat sesuai luasan wilayah yang di generate.Tutorial Global Mapper Global Mapper 12 Global Mapper kontur Kegunaan Global Mapper

Mengubah proyeksi data Raster dan Vektor di Global Mapper:

Setelah data sudah dibuka klik pada menu utama tool masuk ke Configure (gambar disebelah kanan) klik pada tab Projection pilih proyeksi yang dibutuhkan. Untuk mengetahui apakah data sudah berubah proyesiknya lihat di tampilan utama Global Mapper pada pojok kanan bawah tampilan utama. Tutorial Global Mapper Global Mapper 12 Global Mapper kontur Kegunaan Global Mapper

 Mengganti tampilan Shader data pada Global Mapper:

Tutorial Global Mapper Global Mapper 12 Global Mapper kontur Kegunaan Global Mapperklik pada tool shader pilih tampilan yang diinginkan ada 8 tampilan tetapi anda juga bisa membuat tampilan sendiri dengan custom (paling bawah). Disebelah kanan pilihan shader ada tool untuk menampilkan hilshade dan untuk menampilkan data dalam bentuk 3 dimensi. Dalam tampilan 3 dimensi ada bebera tool bisa di otak atik sendiri.

Tutorial Global Mapper Global Mapper 12 Global Mapper kontur Kegunaan Global Mapper

Membuat Menara Pemancar di Global Mapper

Data sudah tampil, klik pada tool klik View Shed setelah itu klik pada wilayah yang akan di taruh pemancarnya, misalkan puncak gunung atau di tengah kota dan lain-lain. Ada 3 pengaturan penting dalam pembuatan menara pemancar yaitu tinggi pemancara, tinggi penerima sinyal, dan radius atau jangkauan pemancar. Dibawah ini tampilan dan penganturan default dari Global Mapper.

Tutorial Global Mapper Global Mapper 12 Global Mapper kontur Kegunaan Global Mapper

Hasil yang didapatkan yaitu area yang terkena pemancar atau terjangkau pemancar akan berwarna merah (pengaturan default) dan wilayah yang lain tidak terjangkau pemancar hal ini terjadi karena ketutup objek yang lebih tinggi dari pemancar atau objek yang lainya. lihat gambar dibawah ini:

Tutorial Global Mapper Global Mapper 12 Global Mapper kontur Kegunaan Global Mapper

untuk tutorial lanjutan Global Mapper menyusul pada potingan berikunya, seperti membuat batas DAS secara otomatis beserta sungainya, memotong citra dan lain sebagainya. jika ada masukan dan pertanyaan tentang tutorial global mapper ini silahkan coment di bawah ini. terima kasih sudah membacanya apalagi bisabermanfaat buat pembaca.

Kata Kunci:

  • tutorial global mapper bahasa indonesia pdf
  • cara menggunakan global mapper
  • tutorial global mapper 11 bahasa indonesia
  • tutorial global mapper 13 bahasa indonesia
  • cara menggunakan global mapper 11