Tipe Geodatabase ArcGIS
Uncategorized

Tipe Geodatabase dalam ArcGIS

Sedikit banyak mengenai geodatabae dalam perangkat lunak arcgis, bahasan agak serius dan perlu konsentrasi agar masuk ke dalam otak. Sebelumnya jika ada kurang, berikan masukan lewat komentar. Terima kasih dan selamat membaca.

Geodatabase adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyimpan data feature, dataset, raster dataset, topologi, network dataset, terrain dataset dan lain sebagainya. Ada tiga jenis geodatabase dalam ArcGIS.

1). Personal Geodatabase, semua dataset disimpan dalam format *.mdb microsoft database dengan limit size sampai 2 Giga byet, hanya berjalan pada windows operating system. Dapat dipakai oleh single user dan kelompok kecil. Sering digunakan untuk manajemen data atribut melalui microsfot access untuk jenis atribut string (teks)

2). File Geodatabase, disimpan dalam bentuk sistem file, setiap dataset dapat disimpan sampai 1 Terra byet tetapi dapat dibesarkan mencapai 256 Terra byet untuk menyimpan data citra satelit yang besar dan banyak.

3). ArcSDE Geodatabase, dapat juga disebut dengan multiuser geodatabase, disimpan dalam bentuk relasional database menggunakan Microsoft SQL Server, IBM DB2, Oracle, PostgreSQL, IBM Informix. Syarat penggunaan jenis ini memerlukan ArcSDE sebgai penghubung dan tidak terbatas dalam penyimpanan serta penggunanya. Dapat digunakan pada platform windows, UNIX, Linux, dan koneksi langsung ke DBMS

File Geodatabase dan Personal Geodatabase tersedia untuk semua pengguna ArcGIS Dekstop (Basc, Standard, Advanced) dirancang untuk mendukung model informasi pada geodatabase seperti topologi, raster katalog, network dataset, terrain dataset, address locator, dan lain-lain. Personal geodatabase didesain hanya dapat diedit oleh satu user saja, untuk file geodatabase dimungkinkan dapat diedit lebih dari satu editor pada waktu yang sama untuk feature yang berbeda.

ArcGIS akan terus mendukung personal geodatabases untuk berbagai tujuan. Namun, dalam banyak kasus, Esri (ArcGIS) merekomendasikan menggunakan File geodatabases untuk skalabilitas dalam ukuran penyimpanan, kinerja lebih cepat, dan penggunaan cross-platform operating system. File geodatabase sangat ideal untuk bekerja dengan dataset berbasis file untuk proyek GIS, penggunaan data pribadi, dan dalam kelompok kerja kecil. Memiliki kinerja yang kuat dan skala baik untuk menahan volume data yang sangat besar tanpa membutuhkan penggunaan DBMS. Plus, file geodatabase bekerja secara portabel di seluruh sistem operasi.

ArcSDE Geodatabase bekerja dalam penyimpanan Database management System (DBMS) (IBM DB2, Informix, Oracle, PostgreSQL, SQL Server) ArcSDE Geodatabase digunakan dalam pelbagai individu, grup, departemen, perusahaan, instansi pemerintah, karena ArcSDE sangat besar dalam penyimpanan (tak terbatas), untuk kepentingan data yang terus menerus (countinous), multiuser dan kepentingan jangka panjang, serta memberikan skalabilitas, dapat diandalkan, keamanan, sistem backup dan restore, integritas dan sebagainya.

Kata Kunci:

  • geodatabase adalah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.