Sistem Koordinat dan Proyeksi

Sistem Koordinat dan Proyeksi adalah suatu istilah yang berbeda tetapi saling berhubungan. Menurut Badan Standarisasi Nasional atau BSN yang digunakan sebagai acuan dalam pembuatan Peta RBI atau Peta Rupabumi Indonesia. Koordinat yaitu Besaran Linier atau Angular yang menyatakan posisi suatu titik dalam suatu sistem acuan, sedangkan Proyeksi adalah Suatu sistem penyajian permukaan bumi yang lengkung ke dalam bidang datar. Proyeksi peta pada umunya secara sistematis memerlukan perhitungan-perhitungan untuk mentransformasikan garis-garis gratikul bujur dan lintang bumi di atas bidang datar. Setiap Proyeksi peta mengakibatkan distorsi jarak. Proyeksi Peta berisi tentang:

  1. Gratikul garis-garis yang mempresentasikan paralel-paralel lintang dan meridian-meridian bujur atau
  2. Grid peta yaitu sistem koordinat kartesian persegi panjang yang ditumpang susun terhadap peta atau suatu penggambaran dari permukaan bumi yang mempunyai karakteristik dan ketelitian tertentu sehingga dapat mengidentifikasi lokasi di permukaan bumi terhadap lokasi lainya yang juga dipakai untuk perhitungan arah dan jarak terhadap titik lain.

Sistem Koordinat dan Proyeksi

CARA MERUBAH PROYEKSI DATA VEKTOR DAN RASTER

Download dokumen-dokumen yang berkaitan dengan standardisasi bidang informasi geografis / geomatika. DISINI. Selamat belajar tentang Sistem Koordinat dan Proyeksi.

Kata Kunci:

  • cara membaca koordinat utm
  • jelaskan sistem koordinat peta
  • Sistem koordinat terproyeksi (UTM)