Uncategorized

Sebaran Hotspot di Indonesia

Sebaran Hotspot di Indonesia per tanggal 25 september 2012 dan tanggal sebelumnya bisa di akses di SINI.  Peta sebaran hotspot di bawah ini diambil dari website resmi Deputi Bidang Penginderaan Jauh Indonesia yang biasa disebut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Biasanya LAPAN mengeluarkan peta hotspot secara berkala, karena data yang dibutuhkan selalu ada. Sumber dari peta tersebut diambil dari Citra Satelit TERRA/AQUA MODIS yang direkam tanggal 25 september 2012 dan Batas administrasi dari BAKOSURTANAL. Jika dilihat dari peta tersebut maupun peta-peta sebelumnya, daerah hotspot di Indonesia sebagian besar terdapat di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Keterangan dalam peta di bawah ini menunjukkan bahwa titik yang berwarna merah merupakan daerah hotspot yang sama atau hari-hari sebelumnya juga terdapat hotspot dan titik yang berwarna orange merupakan hotspot baru.

Sebaran Hotspot

Peta sebaran hotspot di bawah ini merupakan tampilan hotspot di daerah gambut. Titik merah merupakan titk sebaran hotspot tersebut. data gambut diambil dari United Nations Environtment Programme.

Sebaran Hotspot di Indonesia

sumber: www.lapanrs.com

 

2 thoughts on “Sebaran Hotspot di Indonesia

  1. itu mengetahui hot spot y mas. kalau mengetahui kelembapan tanah(soil moisture) dengan menggunakan citra penginderaan jauh dalam hal ini adalah citra landsat apakah uga bisa??kalau bisa, bagaimana caranya??mohon penjelesannya
    terimakasih sebelumnya

    1. saya belum pernah mencoba untuk melakukan itu mas fuad, tetapi itu juga bisa dilakukan dengan pengolahan citra dan harus uji laboratorium, menguji nilai pikselnya.seperti pengolahan nilai indeks vegetasi. terima kasih kunjunganya. maaf tidak bisa menjelaskan lebih lanjut, cuma memberi saran saja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.