Uncategorized

Pengenalan Model Builder Pada ArcGIS

Model Builder adalah sebuah aplikasi untuk membuat, mengedit, dan mengelola model. Model adalah cara untuk menerangkan suatu proses dengan menyederhanakan obyek dan kinerjanya. Dalam ArcGIS terdapat fasilitas Model Builder yang dapat mengaplikasikan definisi model diatas.  Arti lain model builder adalah suatu alat atau tool yang bersifat grafis untuk perancangan model, simulasi dan analisis matematika yang terdiri dari sistem persamaan diferensial biasa. Dengan menggunakan Model Builder direpresentasikan dengan bentuk aliran atau flow chart yang memudahkan dalam memahami proses dari sebuah model. pada software ArcGIS model builder bisa langsung digunakan tanpa memerlukan ekstensi khusus, berbeda dengan menggunakan software arcview model builder bisa dipakai dengan syarat adanya ekstensi model builder

Komponen Model Builder

Model Builder terdiri dari tiga komponen; elements, connectors, and text labels. Elements adalah data dan tools yang digunakan, connectors adalah garis yang menyambungkan data dengan tools, text labels dapat di asosiasikan dengan keseluruhan model, masing-masing elements maupun connectors.

Pengertian Model BuilderSumber: ArcGIS Dekstop Help/model builder 9.3, 2008

Elements dalam Model Builder terbagi menjadi 2 jenis yaitu tools dan variables. Tool elements di gambarkan dalam bentuk persegi, biasanya tool elements diambil dari Arc Toolbox. Variables di gambarkan dalam bentuk oval. Variables terbagi menjadi 2 tipe: data dan values.

Pengenalan Model Builder pada Software ArcGISSumber: ArcGIS Dekstop Help/model builder 9.3, 2008

Data variables merupakan data yang tersimpan dalam disk atau layer yang tampak pada table of contents ArcMap. Values variables (nilai variabel) adalah angka, teks, referensi spasial dan  geographic extents. Ada 2 tipe Values variables yaitu: input dan derived.

Connectors model builder terdiri dari empat tipe: Data, Environment, Precondition, and Feedback. Connector arrows menunjukkan arah dari proses.

Pengenalan ModelBuilder pada Software ArcGISSumber: ArcGIS Dekstop Help/model builder 9.3, 2008

Text labels dalam model builder digunakan sebagai keterangan tambahan pada variable, tool, maupun connector model element. Text labels tidak termasuk sebagai bagian urutan proses. Text labels dapat diikatkan kepada element model dan dapat juga berdiri sendiri di dalam diagram model.

Pengenalan ModelBuilder pada Software ArcGISSumber: ArcGIS Dekstop Help/model builder 9.3, 2008

Keunggulan Model Builder

  1. memproses sebuah model secara sekaligus tidak satu persatu
  2. dapat membantu mengeksplorasi suatu tool yang digunakan dalam proses membuat model
  3. sangat mudah digunakan dengan menggunakan logika dan lain-lain
  4. keunggulan paling utama model builder adalah dapat memproses model yang sederhana sampai paling rumit
Contoh aplikasi Model Builder

Model builder dapat digunakan untuk proses suatu tool secara bersamaan atau sendiri-sendiri. contoh penggunaan model builder seperti: penentuan kawasan lindung, pembuatan batas DAS atau daerah aliran sungai secara otomatis dengan menggunan software ArcGIS (tutorial ini menyusul), pembuatan peta NJOP (nilai jual objek pajak) dan masih banyak lagi aplikasi model builder lainya.

Kata Kunci:

  • artikel arcgis
  • foto satelit terbaru 2012
  • definisi arcgis
  • artikel pengertian arcgis
  • pengenalan arcgis

11 Replies to “Pengenalan Model Builder Pada ArcGIS

  1. bagaimana cara menyimpan model builder d arcgis 9.3, sehingga pada saat d buka d komputer lain modelnya juga terbawa
    terimakasih

    1. Terima kasih kunjunganya mas Dedi. ModelBuilder pada ArcGIS disimpan dalam suatu Toolbox dan Toolbox itu bisa di kopi atau dibuka di komputer lain. Pembuatan Toolbox bisa lewat ArcCatalog atau di ArcMAP di dalam Geodatabase atau di luar Geodatabase (folder).

    1. masuk ke menu file terus extension cari model builder setelah itu centang bagian kiri. untuk hasil yang optimal, extensi yang lain harap diinstal seperti spatial anlyst, 3danalyst, dan lain sebagainya.

    1. bisa, yang dibituhkan untuk membuat peta adalah data-data yang diperlukan. berbagai data yang dipunyai bisa dibuat peta apa saja sesuai dengan data tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.