cara memberikan multi label argis 10 dengan vb scrib
SIG

Membuat Variasi Label Pada Peta

Menampilkan Luas suatu area dengan satuanya dalam bentuk Ha dengan ketelitian 1 angka di belakang koma atau buat label pada fitur garis (jalan) dengan panjang meter atau menampilkan 2 label yang berbeda dalam 1 fitur objek. Mungkin itulah beberapa kalimat yang muncul ketika atasan meminta kita untuk menampilkan label di peta yang kita buat atau ingin membuat orang lebih mudah membaca dan memahami peta yang kita buat.

Software ArcGIS masih mempunyai basis VB untuk membuat beberapa script ketika ingin menambahkan atau membuat Expression, variasi label, atau yang lain. Caranya masuk ke fitur propertis, label, klik expression tuliskan script seperti contoh dibawah ini;

Membuat Variasi Label Pada ArcGIS
Versi Advanced
Membuat Variasi Label pada ArcGIS
Versi Simple

Seperti contoh diatas ini sebelah kiri versi Advanced penulisan script dan sebelah kanan versi simplenya. Contoh hasil dibawah ini merupakan penulisan script yang ada diatas.

[FEATID]&vbnewline&round([Shape_Area] / 10000,1)&”Ha”

Keterangan:

[FEATID] dan [Shape_Area] : Field yang akan ditampilkan pada fitur (luas area)

&vbnewline&round : fungsi script dari VB yang berguna untuk menampilkan 2 lebih label yang berbeda

10000 : Faktor pembagi luas, karena dalam ArcGIS yang default muncul ketika calculate geometry atau memakai geodatabase memakai satuan meter persegi. Untuk itu jika ingin menampilkan luas dalam satuan Ha maka dibagi 10000.

Angka 1 : Tingkat ketelitian yang akan dipakai di belakang koma, jika ditulis 2 maka yang muncul di belakang koma 2 angka, begitu seterusnya.

Ha : itu satuan untuk menjelaskan angka, formatnya text, untuk itu harus diberi tanda petik. Seperti halnya ketika field calculator untuk mengisi kolom dengan format text.

Membuat Variasi Label pada Peta
Contoh Variasi Label Pada ArcGIS

Contoh lain misalkan untuk jalan:

[Jalan]&vbnewline&round([Shape_Length]/1000,1)&”Km”&”/”&”Jam”

*shape_length bisa diganti dengan “Panjang” jika field atributnya dinamai dengan “ Panjang”. Untuk lebih menarik dan lebih advance lagi anda bisa mencobanya sendiri, dan jika berkenan bisa berbagi ilmu disini.

Yah inilah tulisan cara membuat variasi label di arcgis, karena saya juga sedang belajar mungkin jika ada tambahan silahkan komentar atau kirim email atau hubungi admin lewat no telpon diatas.

Kata Kunci:

  • menambah label pada qgis
  • cara memberikan multi label argis 10 dengan vb scrib

3 thoughts on “Membuat Variasi Label Pada Peta

  1. Gimana cara nya biar Labels satu di atas,dan satu di bawah,biar gak sampingan labels nya pak.Thx

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.