Membuat mT mU di ArcGIS

Ketemu lagi setelah seminggu lebih saya tidak mosting, hehehe…sekarang saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang cara membuat mT dan mU di ArcGIS secara otomatis tidak manual. Selama ini mungkin rekan-rekan semua ketika membuat peta dan memberikan keterangan koordinat atau grid peta dengan label mT (meter timur “E”) dan mU (meter utara “N”) secara manual. Mau tau caranya ??? ikuti langkah-langkah berikut, sangat simpel, mudah, cepat, hasil kreatif, bagus dan ber seni. Hehehe…
Setelah peta dibuat dan di layout dan memberikan koordinat (grid) di view propertis dengan jenis measured grid atau grid yang digunakan untuk satuan meter. Selesai membuat grid tersebut, jangan keluar dulu tetapi masuk ke propertis dari grid tersebut, masuk ke tab label, arah kan ke bawah label style dan format pilih corner label, setelah dipilih itu kemudian klik pada additional propertis muncul kotak dialog Grid Label Propertis dan kemudian centang semua pada pilihan tersebut (pada tab corner label) artinya corner yaitu pemberian simbol mT dan mU di tempat pojok peta. And Then masuk ke tab principal digit, di situ rekan-rekan dapat mengotak atik sendiri dan mendapatkan perubahanya, yang perlu diganti yaitu huruf E menjadi T (timur) dan N menjadi U (utara). Contoh hasil pemberian label:

Membuat mT mU di ArcGIS, tutorial arcgis, meter timur meter utara, koordinat arcgis
Cukup dulu tutorial membuat mT mU di ArcGIS dengan singkat ini semoga bermanfaat, jika berkenan berikan komentar dipersilahkan. Salam senyum hehehehehe.

Kata Kunci:

  • cara buat grid sni