Konversi Koordinat DMS ke DD

Pekerjaan konversi data merupakan suatu pekerjaan yang selalu ada dalam dunia Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi, salah satu pekerjaan konversi yaitu konversi data koordinat yang akan ditampilkan dalam bentuk Shapefile (*shp) atau fitur sehingga dapat diketahui letaknya di peta yang anda buat.

Permasalahanya yaitu ketika anda mempunyai data koordinat dengan bentuk Degree Minute Second (DMS) dan anda ingin menampilkan data tersebut pada peta maka anda harus merubahnya ke bentuk Decimal Degree (DD) atau koordinat XY agar bisa terbaca oleh software (dalam hal ini yang kita bahas adalah software ArcGIS). Berikut contoh salah satu permasalahan konversi koordinat DMS ke DD  

konversi koordinat DMS ke DD
Contoh konversi koordinat DMS ke DD

Permasalahan di atas tidak hanyakonversi koordinat DMS ke DD saja tetapi pemilahan angka, dari kolom “C dan D” sehingga terpilah menjadi kolom “E sampai J”, selanjutnya dikonversi menjadi format Desimal Degree seperti pada kolom “K dan L”, setelah proses selesai dilanjutkan ke pekerjaan Menampilkan Data Koordinat X Y dan Desimal Degree. tutorial ini saya dapatkan dari guru saya dimedia online Pak Beni Raharjo jika anda punya pertanyaan bisa komentar disini atau kirim email ke kami, kita sharing bersama, atau anda juga bisa kunjungi laman web http://www.rsgis.org/ agar bisa tanya jawab disana. Semangat belajar.

Untuk studi kasus anda dapat download rumus konversi koordinat DMS ke DD dalam bentuk Excel DISINI . Berikut ini ada Jurnal tentang ekstraksi morfometri daerah aliran sungai dengan menggunakan Model Builder, Download DISINI.

Kata Kunci:

  • cara konversi DD menjadi DMS
  • koordinat degrees pake proyeksi
  • koordinat dm