Kegunaan WAAS
Uncategorized

Kegunaan WAAS dan EGNOS untuk GPS

Sering kita mendengar dan melihat istilah WAAS dan EGNOS pada perangkat GPS (Global Position System) seperti pada produk GPS Garmin versi belakangan dan terbarukan ini. WAAS (Wide Area Augmentation System) dan EGNOS (European Geostasionar Navigasi Overlay Service) pada dasarnya merupakan sistem satelit dan stasiun di bumi yang memberikan penguatan dan koreksi sinyal GPS sehingga menjadikan akurasi posisi lebih teliti.

Sejarah pengembangan WAAS (oleh; The Federal Aviation Administration (FAA) dan Departemen Pertahanan (DOT) Amerika Serikat) digunakan untuk penguatan sinyal pada pesawat (proses penerbangan) dikarenakan GPS penerima pada penerbangan tidak cukup memadai standar penerbangan untuk pendaratan pesawat pada landasan. WAAS berfungsi mengoreksi gangguan Ionosfer, waktu dan kesalahan orbit satelit pengirim sinyal GPS. keuntungan lain WAAS tidak memerlukan alat tambahan untuk penguat sinyal dan kompatibel dengan sistem SBAS lain seperti EGNOS jika digunakan bersamaan.

Sampai saat ini pengembangan SBAS (Space Based Augmentation System) untuk pendaratan pesawat meliputi Amerika (WAAS), Kanada (CWAAS), India (GAGAN), Eropa (EGNOS), Jepang (MSAS) dan Cina (SNAS).

Wilayah cakupan SBAS diatas berbeda-beda dari setiap negara tergantung pada berapa banyak stasiun dan lokasi penempatan stasiun yang digunakan. Dengan melihat peta dibawah ini Indonesia tidak tercakup dalam wilayah SBAS dari negara pengembang WAAS dan lainya. WAAS mencakup keseluruhan wilayah Amerika, EGNOS mencakup wilayah Eropa dan sekitarnya, GAGAN mencakup wilayah India dan sekitarnya, begitu juga cakupan Jepang.

Kegunaan WAAS

Kesimpulanya, ketika anda menggunakan GPS (produk Garmin atau produk GPS lain yang terdapat fitur WAAS/EGNOS -Enable) di indonesia dimungkinkan tidak berfungsi secara maksimal atau bahkan tidak berfungsi sama sekali dan mengakibatkan baterai cepat habis. Jika memang fitur tersebut dapat digunakan, akan maksimal di wilayah terbuka (menurut pengalaman pribadi bisa sampai ketelitian 2 meter) atau tidak tertutup oleh kanopi dan tidak di dalam gedung.

Bacaan diatas merupakan hipotesa saya setelah saya membaca dari beberapa sumber online dan E-Book, jika ada kurangya mohon saranya.

Kegunaan WAAS di GPS

Sumber:

http://sxbluegps.com/technology/sbas-made-easy/
http://www.kowoma.de/en/gps/waas_egnos.htm
http://www8.garmin.com/aboutGPS/waas.html
http://en.wikipedia.org/wiki/SBAS#Satellite-based_augmentation_system
http://id.wikipedia.org/wiki/Ionosfer

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.