Uncategorized

Kegunaan Menu Task Pada Tool Editor ArcGIS

Kegunaan Menu Task Pada Tool Editor ArcGIS yang biasa digunakan untuk digitasi. tool-tool dibawah ini yang biasanya saya gunakan untuk pada waktu digitasi, dan metode yang biasa saya gunakan untuk digitasi yaitu cut polygon untuk menghindari adanya erorr seperti adanya gap antar poligon maupun tumpang susun antar poligon atau pun yang lainya, jika hal itu terjadi bisa dikoreksi dengan menggunakan tool “Topology” tetapi tidak saya jelaskan pada kesempatan ini. hehehe ^_^  mungkin pada waktu lain. Kegunaan Menu Task Pada Tool Editor ArcGIS ini biasanya digunakan untuk digitasi data Raster seperti citra satelit atau data hasil scan.

1. Create New Feature digunakan untuk membuat fitur baru pada jenis point, line dan poligon dengan menggunakan sketch tool (gambar pensil).

2. Reshape Feature digunakan untuk merubah fitur line dan poligon dengan menggunakan sketch tool (gambar pensil), seperti pada kasus kurang lebarnya atau kurang sempitnya poligon atau kurang lengkungnya garis atau yang lainya (lihat gambar di bawah ini)

Kegunaan Menu Task Pada Tool Editor ArcGIS

3. Cut Poligon Feature digunakan untuk memotong fitur line dan poligon, seperti memotong menjadi 2 atau tiga segmen.

Kegunaan Menu Task Pada Tool Editor ArcGIS

4. Mirror Feature digunakan untuk membuat mirror image atau cerminan dari data yang terselect dengan menggunakan garis yang dibuat (seakan2 menjadi cermin).

Kegunaan Menu Task Pada Tool Editor ArcGIS5. Extend/Trim Feature digunakan untuk menyambungkan fitur yang belum tersambung atau memotong fitur yang melebihi fitur ketika digitasi jalan.

Kegunaan Menu Task Pada Tool Editor ArcGIS6. Modify Feature digunakan untuk merubah bentuk dari fitur dengan metode meggerakkan vertex dari fitur yang terselect

Kegunaan Menu Task Pada Tool Editor ArcGIS7. Auto-Complete poligon kegunaanya seperti Reshape Feature tetapi hanya menambah luasan fitur dan tidak mengurangi (khusus untuk poligon).
8. Select Feature Using a Line digunakan untuk menselect fitur dengan menggunakan garis yang digambarkan tetapi tidak menambahkan fitur.
9. Select Feature Using an Area seperti tool diatas tetapi ini menggunakan poligon untuk menselect fitur.

Tool-tool diatas yang biasanya dipakai pada waktu digitasi dan atau mengedit hasil digitasi (data vektor). Untuk tool lainya yang belum masuk dalam tutorial Kegunaan Menu Task Pada Tool Editor ArcGIS ini digunakan untuk keperluan lainya yang lebih advance lagi. Sumber Tutorial ini saya buat dari pengalaman pribadi dan ArcGIS Dekstop Help. Semoga Tutorial yang singkat ini bermanfaat dan kurang lebihnya mohon koreksi (komentarnya ditunggu).

Kata Kunci:

  • yhs-fullyhosted_003
  • kegunaan ArcGIS
  • Fungsi dan manfaat tool gis
  • kegunaan tools
  • tampilan menu reshape di arcgis

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.