Kegunaan Calculate Geometry
Uncategorized

Kegunaan Calculate Geometry

Kegunaan Calculate Geometry ini saya buat karena teringat awal-awal menggunakan software ArcGIS. Saya kebingungan mencari luasan area tanpa pikir panjang ya sudahlah saya hanya menggunakan tool Measure dengan cara digitasi batas luarnya saja, hasilnya ya cukup jelek karena diperlukan presisi yang baik ketika digitasi batas luarnya. Setelah otak-atik ArcGIS tidak lama kemudian menemukan tool calculate geometry simpel mudah dan cepat.

Menurut saya pribadi melalui pengggunaanya calculate geometry pada tabel atribut data vektor mempunyai 3 fungsi yang sering digunakan yaitu: menghitung luasan area (Poligon), menghitung panjang (Line), dan lokasi koordinat data (biasanya untuk data titik meskipun untuk data line (koordinat titik awal, tengah dan akhir) dan poligon (koordinat titik pusat) juga bisa). Langsung saja ke langkah kerjanya:

  1. Menghitung Luas (Area), caranya klik kanan pada salah satu Field Tabel Atribut atau buat Field baru dengan type Double (agar juga menghitung angka dibelakang koma) lalu klik Calculate Geometry, pilih Area – pilih acuan koordinat yang digunakan – pilih satuan luasan ( Sq (m), ha, atau yang lain sesuai kebutuhan) – lalu klik Ok.
  2. Menghitung Panjang (Lenght), caranya sama dengan diatas, perbedaanya pada pemilihan awal biasanya langsung menuju ke Lenght
  3. Koordinat, untuk mencari koordinat suatu lokasi. Dibutuhkan 2 Field baru yang menunjukan inisial X dan Y. caranya klik pada Field X dan klik Calculate Geometry muncul 2 pilihan pada Property – pilih X coordinat of point – pilih koordinat acuan, jika menggunakan (PCS )Proyeksi UTM maka hasilnya satuan meter jika menggunakan GCS maka hasilnya derajat desimal – pilih satuan meter lalu klik OK maka akan muncul seperti tampilan di bwah ini, ulangi langkah tersebut untuk koordinat Y.

Kegunaan Calculate Geometry

Jika anda menggunakan software ArcGIS 9.3 versi crack, sesuai pengalaman saya perbedaan luasan antar satuan akan terjadi, biasanya luasan menggunakan satuan Ha atau meter persegi atau kilometer persegi. Perbedaan luasan terjadi pada satuan Ha. Anda bisa mencobanya.

Sekian tutorial singkat Kegunaan Calculate Geometry ini, semoga bermanfaat. Selamat mengarungi tahun 2013 semoga Sukses. Kurang lebihnya mohon koreksi. Kesimpulan dari kegunaan calculate geometry dapat dilihat pada tabel (sumber: ArcGIS Dekstop Help) dibawah ini.

Tabel kegunaan Calculate Geometry

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.