Failed to Connect to Database ArcGIS 10.5

Failed to Connect to Database An Underlying Database Error Occured Class not Registered atau bahasa mudahnya gagal terkoneksi dengan database.

Begitulah kata-kata yang muncul dari jendela ArcGIS 10.5 ketika saya akan melakukan “Add XY Data” dari data koordinat dalam format excel 2016 (*.xlsx)

Failed to Connect to Database
Failed to Connect to Database

Secara teknis software ArcGIS tidak mempunyai addons yang digunakan untuk membaca file Excel format terbaru maupun format lama (2003-2016) sehingga ketika akan menambahkan data dari Excel harus menginstal semacam addons dari Microsoft agar software ArcGIS bisa membaca file Excelnya. Hal ini terjadi dikarenakan Office yang telah diinstal pada laptop atau komputer adalah office versi terbaru semisal office 2016 ,office 2013, office 365 dan lain sebagainya. Tetapi tidak semua komputer atau laptop mengalami hal seperti ini.

Untuk mengatasi kejadian diatas harus menginstal yang namanaya “2007 Office System Driver: Data Connectivity Components“. sebelum menginstal addons tersebut diharapkan untuk menutup semua ArcGIS yang sedang terbuka.

Baiklah, itu share pengalaman sedikit dari saya, semoga membantu bagi yang mengalami hal yang sama. jangan lupa kasih feedback jika sukses maupun gagal.

Salam.

link download dibawah sini

Failed to Connect to Database ArcGIS 10.5