DETEKSI KERUSAKAN PENGGUNAAN LAHAN AKIBAT AWAN PANAS MERAPI 2010 MENGGUNAKAN CITRA PENGINDERAAN JAUH

Kali ini kami share jurnal dari tulisan teman kami, Wawan, Safi, dan Syukron, semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang penginderaan jauh. anda dapat download jurnal pada link dibawah abstrak. berikut abstrak dari jurnal tersebut dan peta dampak awan panas merapi 2010:

Merapi memiliki periode erupsi 4 hingga 5 tahun. Tahun 2010 Merapi mengalami erupsi dengan jumlah material sebesar 150 juta m3. Kejadian ini merupakan yang terbesar dalam kurun waktu 188 tahun terakhir. Erupsi Merapi mengakibatkan tiga jenis bencana yaitu bencana primer berupa awan panas, hujan abu dan lelehan lava; bencana sekunder berupa banjir lahar dan bencana tersier seperti hilangnya mata air. Salah satu bencana primer Merapi yaitu awan panas terjadi di Kecamatan Cangkringan, Sleman, D.I. Yogyakarta mengakibatkan berbagai kerusakan penggunaan lahan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan data penginderaan jauh untuk kajian kebencanaan dan menerapkan klasifikasi multispektral untuk mendeteksi kerusakan penggunaan lahan yang terjadi pada daerah kajian. Klasifikasi yang digunakan adalah klasifikasi terselia (supervised) dengan algoritma maximum likelihood. Inventarisasi penggunaan lahan dilakukan pada citra yang merekam sebelum erupsi terjadi sedangkan untuk mengetahui jangkauan awan panas dilakukan pada citra setelah kejadian erupsi.

Hasil penelitian menunjukkan penggunaan lahan yang terdapat di wilayah penelitian antara lain hutan, sawah tadah hujan, sawah irigasi, permukiman, kebun, padang golf dan tegalan. Jangkauan awan panas yang melanda Kecamatan Cangkringan seluas 12,03 km2. Jumlah tersebut setara dengan 5,04 % dari luas Kecamatan Cangkringan. Penggunaan lahan yang mengalami kerusakan terparah adalah kebun, dengan luasan yang hilang sekitar 4,44 km2. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa data penginderaan jauh dapat digunakan untuk melakukan deteksi dan inventarisasi akibat bencana, terutama bencana gunungapi.

DOWNLOAD JURNAL

Peta Perbandingan
Peta Perbandingan

2 thoughts on “DETEKSI KERUSAKAN PENGGUNAAN LAHAN AKIBAT AWAN PANAS MERAPI 2010 MENGGUNAKAN CITRA PENGINDERAAN JAUH

  1. terima kasih mas untuk jurnal..sangat membantu, semoga sukses dan terus berkarya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.