Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER

Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER tutorial ini dibuat oleh teman saya Andi.Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER merupakan suatu cara untuk mendapatkan citra satelit multiband sehingga menghasilkan Citra satelit dengan 9 band yaitu band VNIR (3) dengan band SWIR (6) atau biasa di sebut  dengan Layer Stacking, penggabungan disini menggunakan software Envi 4.5. Kegunaan dari penggabungan band ini yaitu agar lebih mudah dalam komposit Citra satelit dan mempermudah dalam analisis citra satelit Aster. Efek yang dihasilkan yaitu perubahan resolusi spasial dari band SWIR dari asal 30 x 30 meter menjadi 15 meter.

Sudah cukup dengan basa-basinya mari langsung kita praktekan saja cara penggabungan Band Citra satelit ASTER, dalam tutorial ini daerah yang dipakai yaitu zona UTM 49S (daerah cilacap ke barat). Berikut langkah-langkahnya sangat cepat dan mudah.

[notice]Catatan: Citra Satelit Aster yang digunakan harus masih asli biasanya dengan format *.HDF dengan ukuran paling besar dari file lainya[/notice]

1. Buka software Envi

2. Buka Citra satelit Aster dengan Memilih Toolbar – File -Open image File –  pilih citra satelit aster anda

Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER

3. Setelah muncul dan citra satelit dengan memilih band display 1 untuk VNIR dan display 2 untuk SWIR (bandingkan data sebelum diproses)

Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER

4. Langkah selanjutnya pilih Toolbar – Basic Tool – Layer Stacking atau Toolbar Map – Layer Stacking (keduanya sama) muncul jendela seperti dibawah ini (Layer Stacking Parameter):

Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER

5. Kemudian pilih ‘Import File” kemudian muncul jendela seperti diwah ini (yang pertama pilih yang paling atas lihat pada bulatan hitam menunjukan jumlah dari band) setelah itu klik Ok:

Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER

6. Selanjutnya pilih band SWIR dengan menggunakan “Import File” seperti langkah diatas tetapi pilih yang ketiga dan klik Ok:

7. Lalu muncul jendela seperti pada Layer Stacking Parameter

Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER

8. Inclusive digunakan untuk menciptakan output file dengan batas geografis yang mencakup semua luasan input. Exclusive digunakan untuk menciptakan output file yang berisi hanya sebatas data di mana semua file tumpang tindih.

9. Pilih koordinat yang digunakan biasanya saya gunakan UTM dan ukuran piksel sesuai dengan band VNIR yaitu 15 x 15 meter seperti pada gambar

10. Resampling ada tiga pilihan:

– Nearest Neighbor yaitu Menggunakan pixel terdekat tanpa interpolasi

– Bilinier yaitu Melakukan interpolasi linier menggunakan empat pixel

– Cubic Convolution yaitu Menggunakan 16 piksel untuk mendekati fungsi sinc menggunakan polinomial kubik untuk resample gambar. Resampling konvolusi kubik secara signifikan lebih lambat dibandingkan dengan metode lainnya.

11. Output Result ada dua File untuk disimpan dan menciptakan citra baru dalam disk, Memory menciptakan citra temporaly dalam memory

12. Klik Ok dan tunggu lalu muncul jendela seperti gambar dibawah ini:

Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER

13. Bandingkan dengan data awal (lihat data yang berwarna blok biru) ada 9 band hasil penggabungan degan ukuran piksel 15 x 15 meter

Sekian Tutorial singkat Cara Penggabungan Band Citra Satelit ASTER, semoga bermanfaat. Jika berkenan mohon tinggalkan jejak. Terima kasih. Salam Sukses RSGIS INDONESIA.