Auto Save ArcGIS
SIG

Auto Save Edit ArcGIS OTOMATIS DENGAN TOOL TAMBAHAN TESTED ARCGIS 10.5

UPDATE SOFTWARE AUTO SAVE EDIT DI ARCGIS LINK DOWNLOAD DIBAWAH (TESTED ARCGIS 10.5).

Sudah beberapa lama ini  PLN menjalankan sistem listrik padam bergantian membuat beberapa orang merasa was-was ketika sedang mengerjakan sesuatu khususnya membuat peta atau khawatir dengan kondisi baterai laptop yang sudah usang dan tidak bisa digunakan lagi alias ngedrop atau memakai komputer PC yang tidak ada UPSnya sehingga membuat kita harus waspada dan telaten ketika membuat sebuah peta dengan software ArcGIS.

Suatu hari saya pergi bermain di kos lama dan bertemu dengan teman yang sedang digitasi dari citra satelit resolusi tinggi Quickbird, disitu saya melihat toolbar software ArcGIS terdapat extensi Auto Save Edit, karena sudah berbulan-bulan masuk hutan kalimantan saya merasa ketinggalan jauh dengan informasi perkembangan teknologi Penginderaan jauh dan sistem informasi geografi, setelah melihat itu saya langsung meminta tool tersebut karena sangat berguna sekali untuk membantu pekerjaan kita.

Ada satu tool atau extensi tambahan yang bisa mengantisipasi rasa was-was dan khawatir di atas. Salah satu kekurangan software ArcGIS yaitu tidak adanya Auto Save Edit seperti layaknya software microsoft office atau yang lainya. Untuk itu Extensi Auto Save Edit perlu ditambahkan dalam software ArcGIS.

Auto Save Edit ArcGIS

Tool tersebut berbentuk file library atau *.dll langsung bisa ditambahkan lewat toolbar ArcGIS tanpa harus menginstal terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan dalam tool Auto Save Edit yaitu waktu pengingat 1 menit, 3 menit, 5 menit, dan seterusnya, tomblo Turn On dan Turn Off, dan tombol show message dialoge box. Cara menambahkan tool untuk ArcGIS 9.x dan ArcGIS 10 , masuk ke menu Customize -> Customize Mode -> muncul jendala baru pilih Add From File -> pilih file “AS14896.dll” lalu pilih add, tunggu beberapa saat setelah itu chek list di pilihan toolbar yang akan ditambahkan lalu close. Extensi akan aktif ketika kondisi dalam proses Editor atau ketika membuat shape atau mengedit data shapefile atau feature class.

Berikut link download extensi Auto Save Edit ArcGIS 9.x dan ArcGIS 10. Atau bisa juga kirim pesan lewat email dengan komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Membuat Variasi Label Peta

LINK 1 DOWNLOAD TOOL DISINI VIA

LINK 2 MIRROR VIA GD

UPDATE GAMBAR TESTED ARCGIS 10.5

Kata Kunci:

  • AS14896 dll

20 thoughts on “Auto Save Edit ArcGIS OTOMATIS DENGAN TOOL TAMBAHAN TESTED ARCGIS 10.5

      1. waktu customize – add from file, tidak muncul di dialogue box nya pak. (yg dicentang-centang itu tidak muncul).
        Yang muncul pop up pemberitahuan “No new object added”

  1. mohon maaf mas. boleh saya minta extentionnya via email. laptop saya tidak bisa mendownload via browser. terima kasih mas

  2. Bisa minta kirimnya toolnya om ke email saya ? terima kasih sebelumnya. Saya sering lupa ngesave soalnya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.