ArcGIS Vs QGIS CARA MEMBUAT TITIK PADA GARIS
QGIS SIG

ARCGIS VS QGIS : CARA MEMBUAT TITIK SEPANJANG GARIS

CITRASATELIT.COM : ArcGIS Vs QGIS Cara membuat Titik sepanjang Garis atau dalam istilah gaul softwarenya Create Points along Lines / Polylines.

Tutorial Versus antara ArcGIS dan QGIS dalam pengolahan data GIS ini adalah yang perdana, dan In Sya Allah akan telus berlanjut.
Ada 3 Cara dalam pembuatan data titik untuk pembahasan kali ini. 2 Cara menggunakan ArcGIS dan 1 cara menggunakan QGIS.
Cara pertama menggunakan tool editor Construct Point.

Cara Kedua menggunakan toolbox yang dibuat oleh ianboard.com (menggunakan tool ini lebih simpel dan cepat hanya butuh data garis saja, tidak perlu membuat data template titik terlebih dahulu seperti cara yang pertama)

Cara Ketiga ini hampir sama dengan cara kedua, karena langsung menggunakan toolbox. Nilai plus untuk QGIS yaitu ada tambahan Offset artinya point pertam bisa dan atau tidak bisa dari titik nol (awal) garis, offset bisa diatur sesuai kebutuhan.

Fungsi penggunaan tool ini yang pernah saya pakai yaitu untuk penentuan titik cek lokasi (Quality Assesment) data jalan, bisa jalan perusahaan HTI, Kelapa Sawit, dan juga bisa Jalan Aspal (pengambilan sampel ketebalan aspal) dan lain sebagainya.

Semoga sharing yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang budiman, jika ada pertanyaan dan saran, yakinkan diri anda untuk menuliskan dalam komentar ini guna untuk kemajuan bersama. Dan ingat selalu untuk Like & Subscribe Channel Kami. Terima kasih banyak sudah sudi lauangkan waktu dan berkunjung disini. Salam semoga selalu aman, sehat dan kenyang.

Penjelasan lebih lanjut bisa langsung di lihat pada Video dibawah ini. 

Create Points along Lines ArcGIS
Create Points along Lines ArcGIS Vs QGIS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.